Jumat, 24 Februari 2012

SUNGAI SONG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Kata Pengantar
Bismillahirrohmanirrokhim
Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadiratalloh SWT atas limpahan rahmat serta riddhanya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan karya tulis yang berjudul “SUSUR KALI SONG ”.
Tersusunnya karya tulis ini tidak lepas bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu sudah seharusnya ucapan terimakasih kami sampaikan kepada :
1. Bp. Drs. Widyo Soelaksono selaku kepsek SMAN
2. Ibu.Sri Wahyuni,S.Pd. selaku wali kelas
3. Ibu. Lufi Amariliana Sofia,S.Sos. selaku guru pembimbing PLH
4. Petugas pusat Kali Song
5. Semua pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyempurnakan karya tulis ini. Namun kritik dan saran demi kesempurnaan laporan ini sangat kami harapkan.
Semoga karya tulis ini sangat bermanfaat bagi pembaca.

Penyusun
KARYA TULIS
“ SUSUR KALI SONG “






Disusun oleh :

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UPTD SMA NEGERI 1 PAKEL
TULUNGAGUNG
KELAS X-5
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Pembatasan Masalah
1.3 Rumusan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Apakah yang dimaksud Sungai
2.2 Macam-macam sungai
2.3 Sungai Song /Kali Song
2.4 Manfaat Kali Song
2.5 TragediSekitar Kali Song
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
LAMPIRAN FOTO


BAB 1
PENDAHULUAN

2.1 LATAR BELAKANG
Banyak masyarakat tahu bahwa di lingkungan yang mereka tempati perlu adanya pelestarian area sekitar sungai. Kerusakan lingkungan dimana mana. Terjadi karena ulah manusia dan alam sekitarnya.
Karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya sungai terhadap kehidupan sehari- hari, banyak masyarakat menggunakan sungai untuk tempat pembuangan.
Kenyataan sekarang bagaimana? Banyak banjir dimana-mana yang diakibatkan oleh meluapnya sungai.
Seharusnya bagaimana sikap masyarakat?
1. Masyarakat harus peduli
2. Pemerintah dan masayarakat bekerjasama untuk menanggulanginya.
3. Kerjasama antar pengurus lingkungan sekitar juga harus terjalin.


2.2 PEMBATASAN MASALAH
Dalam tulisan ini dibatasi pada masalah banyaknya factor penyebab banjir. Banjir disebabkan oleh ulah manusia yang disengaja maupun yang tidak disengaja, seperti membuang sampah pada sungai yang menyebabkan tersumbatnya aliran sungai.

2.3 RUMUSAN MASALAH
Dari permasalahan tersebut dapat dirumusakan sebagai berikut:
a. Apakah yang dimaksud sungai Song?
b. Bagaimanakah masyarakat memanfaatkan Sungai Song?
c. Bagaimanakah keadaan Sungai Song?

2.4 TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah :
a. Untuk mengetahui keadaan Sungai Song.
b. Untuk mengetahui bagaimana masyarakat memanfaatkan Sungai Song
c. Untuk mengtehui keadaan Sungai Song.


2.5 MANFAAT PENELITIAN
a. Manfaat bagi siswa:
Siswa dapat mengetahui tentang adanya kali song yang berada di dataran tinggi.
b. Manfaat bagi guru/sekolah:
Dapat mengetahui seberapa besar pengetahuan anak yang dididiknya selama ini.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Apakah yang dimaksud Sungai?
Sungai adalah aliran air di permukaan tanah yang mengalir ke laut. Daerah aliran sungai (DAS) adalah suatu wilayah yang dibatasi oleh punggungpunggung bukit yang menampung air hujan dan mengalirkannya melalui saluran air, dan kemudian berkumpul menuju suatu muara sungai, laut, danau atau waduk.
Pada daerah aliran sungai terdapat berbagai macam penggunaan lahan, misalnya hutan, lahan pertanian, pedesaan dan jalan. Dengan demikian DAS mempunyai berbagai fungsi sehingga perlu dikelola.
Pengelolaan DAS merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, petani dan pemerintah untuk memperbaiki keadaan lahan dan ketersediaan air secara terintegrasi di dalam suatu DAS. Dari namanya, 'DAS' menggambarkan bahwa 'sungai' atau 'air' erupakan faktor yang sangat penting dalam pengelolaan DAS karena air menunjang kehidupan berbagai makhluk hidup di dalamnya.
Macam-macam sungai
Sungai berdasar kankondisi fisiknya akan terbagi menjadi tiga yaitu :
1. Bagian hulu : pada kondis ihulu aliran air deras, batu-batuan juga besar dan erosi yang terjadi adalah erosi vertica lkebawah (air terjun)
2. Bagian tengah : pada bagian inia liran air sudah agak tenang,batu-batuan juga sudah tidak besar lagi dan erusi yang terjad ikesamping / horizontal
3. Pada bagian hilir :pada bagian ini aliran air suda htenang,. Batu-batuan jugas udah berubah menjad ikental / pasir dan sudah jarang terjad ierosi.
Sungai berdasarkan sumberairnya ,dibagi menjadi :
1. Sungai hujan :sungai yang aliran air nya berasal dari air hujan. Contoh : sungai cisadane , sungai Mahakam
2. Sungai gletser :sungai yang terbentuk dari es yang mencair.
3. Sungai campuran:sungai yang aliranairnya berasal dari campuran gletser dan air hujan. Contoh :songaidigual (papua) dan sungai memberano (papua).
Sungai berdasarkan debit aliranairnya :
1. Sungai permanen :sungai yang debitnyas tabil dan tidak dipengaruhi oleh musim. Contoh : Sungai Mahakam , Sungai Barito , Sungai Musi dan Sungai Kapuas.
2. Sungai periodik :sungai yang aliran air nya dipengaruhi oleh musim , meluap ketika musim hujan dan kering ketika musim kering. Contoh : Sungai Ciliwung, Sungai Cisadane.
3. Sungai Episodik :sungai yang aliranairnya ada hanya di musim penghujan , contoh : Sungai Kasada di Sumba.
2.3 Sungai Song /Kali song
Sungai Song mengalir dari gunung lereng Wilis sampai daerah bagians elatan Kecamatan Pagerwojo. Desa yang dilewati aliran Kali Song adalah DesaKradinan, Desa Pagerwojo, DesaSamai, DesaMulyosari, Desa Segawe . Lebar sungai kurang lebih 10 meter.
Kali Song dialirkan menuju Waduk Wonorejo untuk membantu pembangkit tenaga listrikJ awa– Bali.

2.4 Manfaat Kali Song
Kali Song bermanfaat bagi warga, misalnya untu penambangan batu, tempat wisata, aliran lahan pertanian mencegah banjir.
Batu di Kali Song digunakan untuk sumber penghasilan warga sekitar (gambar 1). Mereka mencari batu tersebut untuk diolah lagi. Selain sumber penghasilan warga sekitar, Kali Song biasanya digunakan untuk tempat pariwisata pada hari libur). Petani juga memenfaatkan Kali Song untuk mengairi sawah mereka (irigasi).Dengan adanya Kali Song juga dapat mencegah terjadinya banjir.

2.5 TragediSekitar Kali Song
Di sekitar Kali Song ada banyaktragedi, namun kami tidak mungkin menceritakan semuanya. Contohtragedi yang adadisekitar Kali Song.
Di desasekitar Kali Song pada tahun 1976 pernah terjadi banjir besar. Air sungai meluap sampai merendam rumah-rumah masyarakat sekitar. Meluapnya air di sebabkan oleh hujan yang terus menerus turun sampai 3 hari. Selain itu di sepanjang tepi Kali Song terdapat sedikit pohon besar. Untuk mencegah hal itu terulang kembali warga menanam pohon besar yang dapat menahan di tepi Kali Song.
Padatahun 2010 ada siswi SMPN 1 Pagerwojo dan guru ngajinya bermain di Kali Song , tepatnya di Desa Samai. Pada saat keduanya asyik bermain air , tiba–tiba guru ngaji itu merasa seperti ditarik sesuatu ketengah sungai. Lalu siswinya berusaha menolong dengan menarik tangan guru ngaji tersebut. Tetapi siswi tersebut juga tertarik oleh arus. Untungnya mereka diselamatkan oleh anak kecil. Akan tetapi sayang, nyawa guru ngaji itu tidak dapat diselamatkan. Yang selamat hanyalah siswi SMPN 1 Pagerwojoitu.

BAB 3
PENUTUP
3.1Kesimpulan
Sungai Song atau Kali Song merupakan sungai pemasok air terbesar bendungan Wonorejo. Keberadaan air di waduk wonorejo sangat tergantung apda debit air Sunbgai Song. Sehingga pelestarian sumber air di sekitar Sungai Song perlu dijaga.
Keberadaan Sungai Song dapat menghidupi masyarakat sekikytar baik sebagai tambang batu maupun aloran air pertanian. Bahakn sungai ini bias dugunakan untuk tempat wisata.
3.2Saran
Mengingat pentingnya sungai ini bagi masarakat perlu ada kerjasama antara warga sekitar dana pemerintah dalam menjaga debit air Sungai Song.
Penambangan batu dapat merusak ekosistem sungai, sehingga penduduk perlu diberi jalan keluar agar tetap mendapat pebghasilan yang layakl di luar menambang batu



KALI SONG SEBAGAI SUMBER MATA PENCAHARIAN PENDUDUK
(PENAMBANGAN BATU KALI)



SUNGAI SONG MENGALIR KE BENDUNGAN BENDUNGAN WONOREJO

DAFTAR PUSTAKA

1. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2068816-pengertian-dan-macam-macam-sungai/#ixzz1n5 GQbbLS.
2. Saputro, mistoyoedi (selakupetugaspusat kali song), 15 februari 2012, Pagerwojo.
3. Ilmiah ,karyatulis 2009 , melestarikanlingkungan : Gondang.
4. http://kopicethecorner.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar